Clock

Jumat, 22 April 2016

Jogja Backpacker : Edisi Nekat. Part 1

Hello  semua

Setelah seminggu yang lalu gw udah ke Sukabumi, dalam rangka menyambut liburan akhir sekolah, cielah.. Gw punya plan selanjutnya buat ngetrip lagi. Lagi lagi kota pertama bagi gw, ya karna gw masih kuper.. bareng tiga orang temen, kita berangkat pas tanggal 18 April 2016. Kita naik kereta yang malem dari Pasar Senen biar bisa sampe sana pagi.

Espektasi yang semula menganggap di perjalanan bakal dingin, tenang dan kita bisa tidur ternyata cuma espektasi belaka.. you know lah, KA Progo ini ACnya ga kerasa parah, dan banyak juga rombongan yang kalo ngobrol suka ngurat-ngurat (red: teriak-teriak). Alhasil kita cuma bisa pasrah sama sikon.

Beskonya, kita sampe di Stasiun Lempuyang jam 7 pagi. Begitu sampe di stasun, kita sarapan dulu sama makanan yang emang temen gw siapin biar ga bingung mau makan apa begitu nyampe (red: biar hemat)

Abis itu, tadinya udah berespektasi bakal mandi di toilet stasiun sirna sudah pas ada kalimat tertulis di pintu toilet, "Dilarang Mandi!!!!" Haha, akhirnya gw cuma bisa cuci muka di sini sebelum ngemulai trip ke Candi Borobudur.

Ada banyak cara buat ke Candi Borobudur dari Jogja. Bisa naek taksi kalo mau praktis, bisa juga naik transport umum lainnya,  seperti bus. Dari Stasiun Lempuyang kita harus naik Trans Jogja yang menuju Terminal Jombor. Jaraknya emang lumayan jauh, kalo males jalan bisa naik becak sekitar 5-15rb aja. Tarif Bus Trans Jogja itu Rp. 3600, tapi kalo bayar pake Flazz BCA cuma Rp. 2700 untuk sekali jalan. Sisitemnya serupa sama Trans Jakarta, saat transit ga perlu bayar lagi dan pintu bus yang tinggi.

Dari Terminal Jombor kita harus nyambung lagi bus 3/4 (seukuran Kopaja, MetroMini) selama kurang lebih sejam lah kalo ga macet. Ongkosnya waktu kemarin sih 20rb tapi pas musim liburan bisa naik jadi 30rb. Untunglah bukan lagi musim liburan jadi bisa ngirit...

Sesampainya di Terminal Borobudur kita harus jalan kaki lagi selama 30 menit, atau kalo mau cepet kalian bisa naik andong atau becak. Cuaca hari itu panaass banget, jadi lumayan ngos-ngosan. Begitu sampai di gerbang, kita bakal disambut sama rumah joglo khas jawa yang merupakan loket penjualan tiket. Dengan tket seharga Rp. 30.000 kita bisa puas keliling kompleks Candi Borobudur yang terdiri dari beberapa museum, toko souvenir dan tentunya Candi Borobudur itu sendiri.

Untuk menuju puncak candi, cuacanya ga kalah panas, tapi tenang saat sebelum masuk ada banyak penawar jasa penyewaan payung seharga 5rb.

Sekitar dua jam berada di Candi Borobudur dan beli oleh oleh, karna sudah siang kita langsung cari makanan yang biasa dijajakan sama penjual di sini. Kita bertiga makan bakso dan minum seharga 12rb, meski rasanya ga terlalu spesial tapi lumayan buat mengganjal perut.

Selesai makan, jalan lagi ke Terminal Borobudur buat naik bus pulang ke Jogja (fyi Candi Borobudur ini bukan berada di Jogja tapi di Magelang)

Oya, dari tadi kan gw cuma cerita perjalanan aja tapi belum ngasih tau di mana bakalan nginep? Haha, thats right. Gw memang belum booking hotel karna gw pikir bukan musim liburan jadi bisa gampang nemu hotel, terutama yang murah.

Sebenernya gw udah mau bookinh penginapan di daerah Pugeran, sekitar 1km barat Alun Alun Kidul dan sangat dekat sama halte TransJogja MT. Haryono. Dan,, jeng jengg.... sesampainya di penginapan itu untuk check-in ternyata full-booked. Espektasi awal yang mau mandi dan istirahat di kamar hotel harus sirna sudah.

Terbesit ide buat nginep di masjid. Dan temen gw yang lain juga setuju, akhirnya kita bertiga coba cari masjid yang dekat situ. Dan kebetulan ga jauh dari situ ada masjid yang keliatannya nyaman dan strategis di pinggir jalan.

Tapi...

Setelah gw ketemu sama pengurus masjidnya untuk minta izin menginap, jawabannya

"Tidak boleh mas"

Hah... udah jam 8 malem tapi masih belum jelas juga mau tidur di mana, akhirnya kita bertiga makan dulu di tukang pecel ayam pinggir jalan buat cari inspirasi

Dan akhirnya temen gw punya ide buat nginep di warnet 24 jam. Kedengarnnya agak gila tapi daripada harus tidur di pinggir jalan, yasudahlah. Langsung aja kita nanya ke tukang becak dekat situ. Dan ternyata ada. Namanya Qta.net yang ada di Jalan Sugeng Jeroni. Fasilitasnya lumayan lah di sini, kursi sofa, bilik pembatas yang tinggi, ada toiletnya dan deket dari Indomaret juga. Tapi sayangnya gaada paket malam di sini, jadi tarif perjamnya yang diitung. Tarif perjamnya Rp. 2500.

Jadilah malam itu kita bertiga bermalam di warnet, hehe