Clock

Sabtu, 27 Februari 2016

Backpacker Jakarta-Surabaya Part 1 : Perjalanan Panjang

Gw dan teman gw (namanya sama persis kaya gw) sudah sejak lama berencana buat melakukan perjalanan wisata ke Kota Surabaya. Kami berdua yang dari Tangerang Selatan akhirnya ke Stasiun P
asar Senen untuk menanyakan apakah masih ada tiket kereta dari Jakarta ke Surabaya, ternyata masih ada dan langsung beli aja tiket kereta Kertajaya Tambahan kelas Ekonomi AC seharga Rp. 125.000 , murah kan?

Nah karena budget yang terbatas, gw baru sempet booking buat tiket kereta & hotelnya yang kebetulan lagi ada promo diskon 50% di p*gipegi.com, hehe bukan promo yaa

Sampe pada akhirnya seminggu sebelum hari H gw berangkat baru tanya ke KAI 021 121 buat nanyain tiket kereta Jakarta - Surabaya buat 28 Desember 2015 dan ternyata sudah habis tiketnya

Waduh! Bisa berabe nih, punya tiket pulang + hotel tapi masih belom tau naik apa untuk ke Surabaya, akhirnya gw mutusin buat naik bus dari deket rumah di Ciputat, Tangerang Selatan

Gw dapet info PO bus yang kualitasnya bagus tapi harganya yang ga mahal, sebenarnya ada banyak pilihan, tapi pilihan gw jatuh pada PO. Harapan Jaya untuk trayek Ciputat - Madiun kelas VIP dengan harga Rp 245.000
Lho kok cuma sampe Madiun? Kok mahal harganya?
Iya karena ini bus VIP yang fasilitasnya lebih bagus dari kereta kelas Ekonomi.


Hari H
Interior bus VIP Class
Hari keberangkatan yang gw sudah rencanakan sudah tiba, 28 Desember 2015. Di tiket bus yang sudah gw pesan sejak H-1 tertera bus berangkat jam 13:00, akhirnya gw berangkat dari rumah jam 11:30 ke arah Stasiun Pondok Ranji buat ngejemput temen gw, ternyata gw sampe Stasiun Pondok Ranji jam 12:15, padahal masih perlu satu jam lagi buat ke pool bus yang ada di daerah Gintung mengingat lalu lintas yang sangat padat waktu itu.

Yap, akhirnya gw tiba jam 13:15 di pool bus, beruntungnya bus mengalami keterlambatan jadi gw ga ketinggalan bus. Menurut petugas loket yang kutanya, bus baru akan tiba 15 menit lagi.
Ternyata benar, tepat pukul 13:30 Bus Harapan Jaya VIP Ciputat - Madiun telah tiba. Busnya keren, sudah air suspension jadi kalo jalanannya kurang bagus di dalem ga terlalu berasa goncangan. Fasilitas lainnya ya standar sih, ada dua TV, AC, Toilet, Bantal, Selimut dan tempat buat menyenderkan kaki. Cukup nyaman selama 15 jam perjalanan Ciputat - Madiun dengan bus ini. Gw dan kakak gw disarankan untuk melanjutkan perjalanan di Maospati saja ketimbang harus di Madiun untuk naik bus lagi ke Surabaya oleh kondektur bus Harapan Jaya.

Akhirnya kita istirahat dulu ke warung lesehan yang baru banget buka di depan Terminal Maospati dengan minum teh. Tepat jam 6, gw melanjutkan perjalanan dengan Bus AC Tarif Biasa Sugeng Rahayu seharga Rp. 28.000. Sopir busnya persis kaya sopir metro mini kalo di Jakarta. Asal serobot dan super ngebut. Eitss, tapi aksi sang sopir agak terhalang setelah memasuki daerah Mojokerto karena kondisi lalu lintas yang mulai padat merayap. Dan akhirnya gw tiba di Terminal Purabaya Surabaya tepat pada pukul 11:00, itu berarti perjalanan dari Maospati ke Surabaya selama lima jam, itu karena kemacetan hebat yang terjadi sepanjang Mojokerto - Sidoarjo - Surabaya. Dengan total waktu tempuh gw dari Ciputat, Tangerang ke Surabaya selama 22 jam perjalanan bus.

Setelah tiba di Terminal Purabaya gw istirahat dulu di sana selama 30 menit sebelum melanjutkan perjalanan lagi menuju hotel untuk check in.
Oh iya kalo di Surabaya itu ada angkot, tapi di sini disebutnya Bemo, lebih seringnya Lyn (baca: len).
Sekitar jam 11:30, gw tanya ke petugas terminal buat nanya lyn apa yang harus gw tumpangi buat menuju Jalan Kedungdoro. Akhirnya gw disuruh buat naik Lyn ke Terminal Joyoboyo, lupa kodenya apa yang pasti cukup dekat tapi karena macet perjalanan jadi 45 menit. Jam 12:15 gw sampe di Terminal Joyoboyo dan akhirnya menemukan Lyn GL yang siap mengantar ke Jalan Kedungdoro. Selama 30 menit akhirnya gw tiba di Capsule Homestay yang terletak di antara pertokoan Jalan Kedungdoro yang terkenal dengan pusatnya onderdil motor dan mobil di Surabaya. Agak aneh memang ada hotel di antara pusat onderdil.

Interior dalam kamar hotel low-budget
Setibanya di hotel, gw langsung mandi dan tidur sehabis itu. Tepat jam 15:00, gw pengen keluar niatnya mau ngeliat suasana di sekitar hotel, tapi ternyata hujan deras ditambah angin kencang melanda Kota Surabaya hingga pukul 18:00. Akhirnya gw putusin buat cari makan malam yang di daerah situ bareng kakak gw karena males kalo harus jauh jauh.
Masih di Jalan Kedungdoro gw nemuin tenda jualan yang cukup menarik juga, karena ramai akhirnya gw pilih makan di situ. Gw pesen kwetiaw goreng dan kakak gw pesen nasi capjay. Ga nunggu lama pesanan pun datang dengan aroma yang sangat menggoda. Dan rasanya ternyata rasanya juga enak banget. Dan setelah habis makan gw minta bon dan ternyata muahal juga 'rek harga makanannya.
Kwetiaw goreng Rp. 20.000
Nasi Capjay Rp. 30.000
2 Teh hangat Rp. 4.000
Harganya lebih mahal dari Jakarta kan? Dan setelah gw searching ternyata Jalan Kedungdoro itu emang terkenal sama makanan pinggir jalan tapi high class (harganya yang high class) tapi rasanya juga enak banget sih. Hahaha,niat backpacker jadi sedikit terkikis setelah makan mahal di Kedungdoro.
Setelah makan malam gw langsung balik ke Hotel buat istirahat.



Sumber gambar :
http://www.poharapanjaya.com/wp-content/uploads/2008/08/bangku-bus-patas.jpg
http://www.pegipegi.com/hotel/surabaya/capsule_homestay_surabaya_966720/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar